CubesPedia: Hidayat Nur Wahid Ketahuan Sebar Hoax soal Pernyataan Mbah Moen tentang HR

CubesPedia

Tribunsantri.com menyajikan berita terhangat yang meliputi isu politik, hukum, peristiwa , dunia islam, pesantren dan lain-lain

Hidayat Nur Wahid Ketahuan Sebar Hoax soal Pernyataan Mbah Moen tentang HR

by noreply@blogger.com (Tribunsantri.com) on Friday 09 August 2019 03:38 PM UTC+00 | Tags: kiai-maimoen-zubair
Hidayat Nur Wahid Ketahuan Sebar Hoax soal Pernyataan Mbah Moen tentang HR

Tribunsantri.com - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Hidayat Nur Wahid membuat gaduh Twitter gara-gara cuitannya soal mendiang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Maimoen Zubair alias Mbah Moen.

Melalui Twitter, ia menyebarkan meme yang mencatut nama Mbah Moen dan Ustaz Abdi Kurnia Djohan.

Hidayat Nur Wahid menyebut Abdi Kurnia Djohan sebagai pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hikam Depok di cuitannya.

Menurut meme tersebut, Abdi Kurnia Djohan mengungkap pesan Mbah Moen sebelum meninggal, tentang Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Terdapat ilustrasi Mbah Moen di meme itu. Sementara di sebelahnya, tertulis, "Kata-kata terakhir Mbah Maimoen Zubair bilang sama murid-muridnya."

"Ndok... Habaib itu jangan dikata-katai... Darah merek ada darah rasulullah... Habib Rizieq itu wali... Jangan dimusuhi... Coba saya tanya... Siapa yang bisa panggil 7 juta orang di Monas kalau bukan wali... (Sumber: Dr Abdi Kurnia Djohan)."


Namun, kicauan itu telah dihapus di akun resmi Twitter @hnurwahid. Meski begitu, pengguna akun @Makmun_Rasyid telah mengabadikannya dan menyebarkan jejak digital sang politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ia meluruskan fakta bahwa Abdi Kurnia Djohan bukanlah pengasuh Ponpes Al Hikam, seperti yang disebut Hidayat Nur Wahid.

Selain itu, meme tersebut, menurut @Makmun_Rasyid, juga bukan dibuat oleh Abdi Kurnia Djohan.

"Saya izin koreksi Pak @hnurwahid bahwa Ust Abdi bukan pengasuh Ponpes Al-Hikam dan meme itu bukan beliau yang buat. Sebagai tokoh, selayaknya tabayyun sebelum menyebarkannya. #SantriAlhikamdepok," tulis @Makmun_Rasyid, Kamis (8/8/2019).

Bersama dengan jejak digital Hidayat Nur Wahid, @Makmun_Rasyid menyertakan klarifikasi dari Abdi Kurnia Djohan.

Di halaman Facebook-nya sendiri, Abdi Kurnia Djohan telah menuliskan klarifikasi panjang terkait meme Mbah Moen yang kini viral itu. Dirinya menegaskan bahwa meme tersebut adalah hoaks.

"Terkait beredarnya meme tentang Perkataan Terakhir Syaikhona Maimun Zubair.

Saya coba periksa apa saya pernah tulis pada tahun 2016 itu, di lini masa. Berkali-kali saya periksa lini masa enggak ditemukan.

Ada kemungkinan, tulisan itu diambil dari chat saya dengan seseorang di inbox pada tahun 2016. Saya hanya meneruskan info dari seorang santri Sarang yang menyampaikan kepada saya dawuh Mbah Yai terkait fenomena 212.

Lalu oleh lawan bicara saya di inbox, chat terusan itu disebar seolah-olah saya mendengar langsung dari Mbah Yai. Padahal, saya tidak mendengar langsung dari beliau (2016).

Saya lupa dengan siapa ngobrol tentang fenomena itu. Tapi pastinya orang itu jelas pembuat gaduh.

Di antara kebohongan gambar meme itu adalah kalimat perkataan terakhir, yang seakan saya menyertai Syaikhona Maimun Zubair berhaji. Padahal posisi saya di Jakarta. Bagaimana mungkin saya bisa tahu perkataan terakhir beliau yang sedang di Mekkah.

Saya simpulkan, meme yang mengatasnamakan saya itu HOAX," ungkap Abdi Kurnia Djohan, Selasa (6/8/2019).

Suara
Tags:
  • kiai-maimoen-zubair
You received this email because you set up a subscription at Feedrabbit. This email was sent to you at gemapediaa@gmail.com. Unsubscribe or change your subscription.