CubesPedia: Ingin Ledakkan B0M 22 Mei, Pak Jenggot Terduga TER0RIS Dulu Dikenal Nakal : Kalau Mabuk Suka Rusuh

CubesPedia

Tribunsantri.com menyajikan berita terhangat yang meliputi isu politik, hukum, peristiwa , dunia islam, pesantren dan lain-lain

Ingin Ledakkan B0M 22 Mei, Pak Jenggot Terduga TER0RIS Dulu Dikenal Nakal : Kalau Mabuk Suka Rusuh

by noreply@blogger.com (Tribunsantri.com) on Sunday 19 May 2019 10:00 AM UTC+00 | Tags: hukum
Ingin Ledakkan B0M 22 Mei, Pak Jenggot Terduga TER0RIS Dulu Dikenal Nakal : Kalau Mabuk Suka Rusuh

Tribunsantri.com - Pak Jenggot alias ED (50), terduga ter0ris yang ditangkap Anggota Densus 88 di Kampung Nanggewer, RT 02/03, Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (17/5/2019) sebenarnya dikenal warga sebagi pribadi yang baik.

Selain itu, tetangga mengenal Pak Jenggot sebagai pribadi yang tertutup.

Padahal, saat muda Pak Jenggot dikenal sebagai pribadi yang nakal.

Namun sejak 6 tahun ke belakang, pria yang bekerja sebagai tukang parkir ini telah hijrah dan perilakunya pun ikut berubah.

Hal itu dituturkan teman dekat Pak Jenggot, Arif Rahman.

Menurutnya, selama ini sifat Pak Jenggot berubah drastis setelah memiliki teman-teman baru yang kerap diajaknya ke rumah.

"Teman-temannya memang ada yang baru dari luar cuma saya enggak kenal, pakaiannya rapi gitu, satu dua dibawa, kadang orangnya beda-beda," ucapnya.

Sebagai teman dekat, Yus awalnya bersyukur melihat perubahan yang begitu drastis.

Padahal dulunya AR dikenal nakal oleh rekannya.

Sejak saat itulah, Yus sudah tak merasa nyaman ingin menegur teman sebayanya tersebut.

"Kenal dari dulu, cuman semenjak berubah jadi alim (hijrah) sejak 6 tahun belakangan ini sudah enggak ngobrol lagi, padahal dulu pas lagi nakal-nakalnya, kalau dia lagi mabuk teman di sini pada takut karena rusuh, cuman saya yang berani ngajak dia ngobrol," ungkapnya.

Sementara, Ketua RT di lokasi penangkapan terduga teroris Pak Jenggot, Ncah menuturkan perubahan sikap Pak Jenggot terjadi sejak pernikahannya yang kedua.

"Tapi dulu dia orangnya tidak seperti ini. Bahkan saat muda dia itu teman suamiku, karena asli orang sini. Dulu itu dari usia kecil sampai bujangan tidak tertutup. Berubah saat dia memiliki istri kedua. Yang pertama sudah pisah. Nah pas nikah yang kedua baru dia berubah," katanya.

Menurut Ncah, Pak Jenggot dikenal dengan pribadi yang tertutup, namun tidak pernah membuat masalah apapun dengan warga masyarakat sekitar.

"Kaget pastinya. Warga pun di sini kaget soalnya dia itu baik-baik saja tidak ada kabar apa-apa. Tiba-tiba ditangkap gitu. Orangnya tertutup tidak pernah keluar rumah. Tapi sama warga baik-baik saja tidak pernah ada masalah," ujarnya, Sabtu (18/5/2019).

Ia pun menjelaskan bahwa Pak Jenggot tak pernah aktif mengikuti kegiatan di kampungnya, baik tingkat RT hingga tingkat RW.

"Tidak pernah mengikuti kegiatan yang dilakukan warga. Kadang diajakin kerja bakti sama pak RT juga dia tidak pernah ikut," ujarnya. 

Rencana Lancarkan Aksi 22 Mei

Karopemnas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan terduga teroris Pak Jenggot yang ditangkap Densus 88 memiliki kemampuan merakit bom berdaya ledak besar.

"Kemampuan E sama seperti kelompok JAD Lampung JAD Bekasi untuk merakit B0m dan kemampuan merakit b0mnya jauh lebih tinggi dari saudara Amir di Bekasi," ujarnya.

Tak hanya itu, terduga ter0ris yang kesehariannya berprofesi sebagai juru parkir ini rupanya telah melakukan beragam ekperimen, termasuk memiliki laboratorium untuk membuat b0m.

"Berbagai senyawa telah mereka coba. Ia juga punya laboratorium untuk membuat b0m. Ini labnya dan alat ukurnya telah disiapkan perangkat b0m, ada panci vakum, penanak nasi yang digunakan sebagai media b0m berdaya ledak tinggi," jelasnya.

Selain itu, Pak Jenggot beserta kelompoknya memang telah menyiapkan beberapa agenda peledakan, termasuk melakukan peledakan pada saat 22 Mei 2019 mendatang.

Dedi Prasetyo mengatakan, enam b0m yang disita saat penangkapan akan diledakkan pada 22 Mei untuk menunjukkan eksistensi mereka kepada dunia internasional. Enam b0m tersebut memiliki daya ledak tinggi (high explosive).

"Sebut mereka thogut, yang dimaksud adalah kepolisian yang sedang saya jalankan tugas. Kemudian yang kedua adalah mereka akan menyasar kerumitan masa depan jika ada di tanggal 22 Mei di depan KPU. Mereka mengikuti dinamika perkembangan saat ini," ucapnya.

Selain Pak Jenggot, Anggota Densus 88 juga menangkap terduga ter0ris lainnya bernama Jundi alias Diam di Jepara, Jawa Tengah, pada Selasa (14/5/2019).

Jundi membuat sebuah video soal rencana aksi terornya untuk beraksi pada 22 Mei 2019.

Di sela konferensi pers terkait pengungkapan jaringan teroris di Mabes Polri, Jumat (17/5/2019), pihak kepolisian menayangkan sebuah rekaman video yang memperlihatkan seorang terduga teroris mengaku bakal beraksi pada tanggal 22 Mei 2019.

Dari video tersebut, terduga teroris bakal beraksi dengan memanfaatkan momentum pengumuman penetapan pemenang Pemilu 2019.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen M Iqbal mengatakan, kelompok ini diduga jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Dalam video tersebut, seorang terduga teroris yang mengaku berinisial DY alias Jundi alias Bondan mengungkapkan akan menyerang kerumunan massa saat 22 Mei tersebut.

DY alias Jundi juga mengaku telah merangkai bom untuk melancarkan aksinya tersebut.

"Nama saya DY alias Jundi alias Bondan, saya memimpin beberapa ikhwan untuk melakukan amaliyah pada 22 Mei dengan menggunakan bom yang sudah saya rangkai dan menggunakan remote control," ungkap DY seperti dikutip dari video yang ditayangkan saat konferensi pers, Jumat (17/5/2019).

DY alias Jundi menilai momentum tersebut tepat untuk melakukan serangan.

Alasannya, proses demokrasi dikatakan tidak sesuai dengan keyakinannya.

"Yang mana pada tanggal tersebut sudah kita ketahui bahwa di situ akan ada kerumunan massa yang merupakan event yang bagus untuk saya untuk melakukan amaliyah, karena di situ memang merupakan pesta demokrasi yang menurut keyakinan saya adalah sirik akbar yang membatalkan ke-Islaman. Yang termasuk barokah melepas diri saya dari kesyirikan tesebut," tutur dia.


[Tribunbogor]
Tags:
  • hukum
You received this email because you set up a subscription at Feedrabbit. This email was sent to you at gemapediaa@gmail.com. Unsubscribe or change your subscription.